Kandidat Miss Universe 2017 dari Filipina

Kontes kecantikan Coronation Night Binibining Pilipinas 2017 merupakan kontes yang setara dengan Puteri Indonesia. Filipina mengemas kontes lokalnya dengan konsep layaknya Miss Universe. Dari total 55 peserta di awal tahun, ada 40 peserta yang lolos dan tampil di babak final.

Acara langsung di Araneta Coliseum dimulai sekitar pukul 20.30 Minggu (30/04/2017) malam. Saat itu seluruh penonton tidak diperkenankan mengambil gambar maupun video, namun sepertinya kebijakan panitia bersifat fleksibel. Pengambilan gambar dan video masih diperkenankan karena tidak ada petugas pengamanan yang menegur pengunjung yang merekam menggunakan kamera atau ponsel. Namun panitia sepertinya benar-benar tidak memperkenankan untuk merekam video dengan tujuan untuk live streaming. Mereka mematikan jaringan data seluler di dalam gedung. Ini masih asumsi saya, karena saya merasa kesulitan melakukan pengiriman pesan melalui aplikasi chatting.

Pelarangan merekam dengan tujuan live streaming ternyata bertujuan agar tidak ada informasi yang bocor kepada penikmat acara melalui televisi. Acara di lokasi ternyata memiliki jeda waktu sekitar satu setengah jam. “Siaran langsung” di televisi baru dimulai pada pukul 22.00.

Adanya jeda waktu antara di lokasi dengan di televisi, mungkin untuk memberikan waktu broadcaster untuk melakukan editing dan juga para peserta dan kru lapangan untuk mempersiapkan perubahan-perubahan sesi, seperti pakaian peserta, make up, dan lain-lain. (Ini saya baru tahu!! Ini pertama kalinya saya menonton kontes kecantikan. Mungkin di Indonesia pun serupa.)

Ada 40 peserta yang lolos pada malam final Bb Pilipinas 2017. Para peserta bukan merupakan peserta yang secara khusus mewakili kota atau provinsi masing-masing, seperti layaknya puteri Indonesia. Ada beberapa peserta yang berasal dari kota atau provinsi yang sama.

Run-down Binibining Pilipinas 2017:

    1. Pembuka
      Setiap acara pasti ada yang namanya pembuka, ya? Acara ini dibuka dengan saya yang mulai masuk angin karena lokasi yang cukup ber-AC. (OOT)
      Acara ini dibuka dan dibawakan oleh Miss Universe 2015, Pia Wurtzbach, Xian Lim (aktor, model, dan penyanyi), dan Venus Raj (4th runner-up Miss Universe 2010).
      Venus Raj, Xian Lim, dan Pia Wurtzbach - Pembawa Acara Bb Pilipinas 2017
    2. Perkenalan Peserta
      Perkenalan peserta diawali dengan tarian dari 40 peserta yang dibagi dalam dua grup, yang kemudian memperkenalkan diri satu per satu sesuai dengan nomor urut peserta.
    3. Pengumuman Gelar Atribut Sesi 1
      Ada 10 gelar tambahan untuk para peserta berdasarkan penampilannya pada setiap rangkaian acara dan karantina. 10 gelar atribut yang dibagikan, antara lain Miss Friendship, Face of Binibini (Miss Photogenic), Miss Talent, Best in National Costume, Manila Bulletin Reader’s Choice, Jag Denim Queen, Best in Swimsuit, Best in Long Gown, Miss Philippine Airlines, dan Miss Creamsilk.
      Pada sesi pertama, ada lima gelar atribut yang diberikan. (Jujur, saya lupa gelar apa saja yang diberikan di sini dan di sesi kedua.)
    4. Swimsuit
      Seperti layaknya Miss Universe, Bb Pilipinas juga menyertakan kontes pakaian renang. Seluruh peserta pada kontes ini mengenakan bikini 2 pieces.
      Swimsuit Bb Pilipinas 2017
    5. Pengumuman 25 Besar
      Pada babak ini, seluruh peserta dan penonton di Araneta Coliseum mulai tegang karena seluruh penonton yang datang mayoritas merupakan pendukung dari masing-masing peserta.
    6. Gaun Malam
      Seluruh peserta yang lolos 25 besar menampilkan gaun malam yang dibuat oleh perancang terpilih dari panitia. Penampilan mereka membawakan gaun malam menjadi salah satu faktor penilaian untuk lolos ke babak 15 besar.
    7. Pengumuman Gelar Atribut Sesi 2
      Pengumuman gelar atribut sesi kedua mengumumkan lima gelar lainnya.
    8. Pengumuman 15 Besar
      Peserta yang lolos ke babak 15 besar ini terdiri dari 14 peserta yang mendapatkan penilaian tertinggi dari dewan juri dan satu peserta yang mendapatkan suara terbanyak dari masyarakat.
    9. Q and A (Questions and Answers)
      Q and A merupakan babak terakhir dari penjurian peserta.
      Sebelum babak ini dimulai, acara di Araneta Coliseum dihentikan terlebih dahulu dan seluruh pengunjung diberikan tontonan liputan “The Road to The Crown” yang menampilkan kegiatan para peserta di masa karantina selama kurang lebih dua jam. Saat inilah tayangan Malam Final Bb Pilipinas 2017 di salah satu televisi nasional mulai ditayangkan. Dengan adanya sesi menonton “The Road to The Crown” membuat acara Coronation Night Bb Pilipinas 2017 tidak memiliki jeda lagi ketika sesi pengumuman pemenangnya.

      Pada babak Q n A, seluruh peserta yang lolos ke babak 15 besar akan dinilai penampilan secara keseluruhan dan ditentukan layak atau tidak untuk gelar-gelar juara berdasarkan jawaban yang mereka berikan berdasarkan pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri. Seluruh pertanyaan yang diajukan dan jawaban para peserta menggunakan Bahasa Inggris. Dari seluruh peserta, hanya satu peserta yang terlihat tidak siap mendapatkan pertanyaan dan menjawab tidak dengan seharusnya.
      Para peserta seharusnya memang sudah siap dengan sesi ini karena memang di masa karantina mereka dilatih untuk bisa menjawab secara spontan dan memuaskan.
    10. Pengumuman Pemenang (Coronation)
      Ada enam gelar utama dan dua gelar runner-up yang dibagikan pada Bb Pilipinas 2017. Enam gelar utama yang dibagikan, antara lain: Bb Pilipinas Supranational, Bb Pilipinas Grand International, Bb Pilipinas Globe, Bb Pilipinas Intercontinental, Bb Pilipinas International, dan Miss Universe Philippines. Seluruh pemenang gelar utama nantinya akan mewakili Filipina pada ajang tersebut sesuai namanya di tingkat dunia. Dari keenam gelar tersebut, Miss Universe Philippines merupakan gelar tertinggi yang bisa didapat.

Rachel Peters - Miss Universe Philippines 2017

Pemenang Gelar Atribut Binibining Pilipinas 2017

Miss Friendship: #22 Chanel Olive Thomas
Face of Binibini (Miss Photogenic): #19 Rachel Peters
Miss Talent: #1 Dane Felisse Marasigan
Best in National Costume: #22 Chanel Olive Thomas
Manila Bulletin Reader’s Choice: #20 Christagale Borja
Jag Denim Queen: #19 Rachels Peters
Best in Swimsuit: #19 Rachels Peters
Best in Long Gown: #15 Maria Angelica De Leon
Miss Philippine Airlines: #31 Katarina Rodriguez
Miss Creamsilk: #15 Maria Angelica De Leon

Runners-up:

1st runner-up: #32 Charmaine Elima
2nd runner-up: #40 Kristel Guelos

Pemenang Binibining Pilipinas 2017:

Miss Universe Philippines 2017 - Rachel Peters. courtesy: Bb Pilipinas Official Website
Miss Universe Philippines 2017 – Rachel Peters. courtesy: Bb Pilipinas Official Website

Miss Universe Philippines 2017: #19 Rachel Peters
Bb Pilipinas International 2017: #15 Mariel de Leon
Bb Pilipinas Intercontinental 2017: #31 Katarina Rodriguez
Bb Pilipinas Globe 2017: #18 Nelda Ibe
Bb Pilipinas Grand International 2017: #39 Elizabeth Durado Clenci
Bb Pilipinas Supranational 2017: #22 Chanel Olive Thomas

Para pemenang Bb Pilipinas 2017. Sumber: <a href="http://www.bbpilipinas.com">Bb Pilipinas Official Website</a>
Para pemenang Bb Pilipinas 2017. Sumber: Bb Pilipinas Official Website

Courtesy: ABS-CBN News

Fun Facts:

  1. Pemenang Miss Universe Philippines 2017, Rachel Peters, adalah kekasih dari Gubernur Provinsi Camarines Sur, Miguel Luis Villafuerte. Villafuerte merupakan gubernur termuda di Filipina dengan tahun kelahiran 1989 dan juga berprofesi sebagai model.
  2. Rachel Peters merupakan 4th runner-up kontes Miss World Philippines 2014. Sebanyak delapan peserta lainnya juga pernah mengikuti ajang Miss World Philippines di tahun yang berbeda-beda.
  3. BB Pilipinas Intercontinental 2017, Katarina Rodriguez, merupakan runner-up musim kedua Asia’s Next Top Model.
  4. Peserta nomor 27, Beatrice Valente, merupakan perwakilan Italia pada kontes Miss Earth 2014. Pada Bb Pilipinas 2017 Beatrice berhasil masuk babak 25 besar.
  5. Sebanyak 10 peserta BB Pilipinas 2017 sudah pernah mengikuti ajang serupa sebelumnya satu atau dua kali.
  6. Saya bisa menonton GRATIS (dasar oportunis!!! :p) karena ada sepupu teman yang menjadi salah satu peserta, Gabriela M Ortega, peserta nomor 34. Gabriela berhasil masuk babak 15 besar.

Sumber: Laporan pandangan mata dengan tambahan Wikipedia, Instagram, dan YouTube.

 

Leave a footprint :D

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s