Destinasi Wisata di Bangkok ala Gue

Gue udah berkali-kali ke Thailand, Bangkok tepatnya, sejak 2012, tapi gak ada sedikit pun informasi tentang destinasi wisata di Bangkok yang gue bagikan di blog. Cuma postingan-postingan narsis doang yang gue bagikan, itu pun di Instagram dan Facebook. Nah sekarang gue mau coba untuk bisa posting informasi-informasi yang gue tahu dan berdasarkan pengalaman gue selama jalan-jalan di Bangkok. FYI dari beberapa kali ke Bangkok, di dua kunjungan terakhir gue lebih banyak menghabiskan waktu istirahat di hotel aja.

By the way, karena gue berencana (baca: berwacana) bakal berbagi informasi sedetail mungkin tentang Ibu Kota Thailand ini, jadi kemungkinan tulisannya bakal gue bagi berdasarkan ingatan gue.


Apa saja yang gue (mungkin) bagikan secara lengkap?

Part I: Bagaimana Cara ke Bangkok

  1. Naik Bus dari Phuket ke Bangkok
  2. Pilihan Maskapai Naik Pesawat ke Bangkok
  3. Pilihan Transportasi dari Bandara Don Mueang ke Pusat Kota
  4. Pilihan Transportasi dari Bandara Suvarnabhumi ke Pusat Kota

Part II: Hotel, WiFi, dan Transportasi di Bangkok

  1. Tempat Gue Menginap di Bangkok
  2. Paket Data (SIM/WiFi) Selama di Bangkok
  3. Transportasi di Bangkok

Part III: Sex Show di Bangkok (Tempat-tempat yang Gue Kunjungi di Bangkok)

  1. Sex Show di Bangkok
  2. Bersepeda di Ayutthaya
  3. Grand Palace dan Temples Tour
  4. Nonton Pertunjukan Siam Niramit
  5. Naik Ferris Wheel di Asiatique
  6. Pasar Terapung
  7. Pertunjukan Langsung Muay Thai
  8. Madame Tussauds Bangkok
  9. Tempat Belanja di Bangkok
  10. Kuliner

Bagaimana Cara ke Bangkok?

Yaelah, naek pesawat kali biar cepet. Nah tinggal milih maskapainya aja, sesuai dengan selera.

Tapi, pertama kali gue trip ke Bangkok sih, gue gak naik pesawat, tapi naik bus malam. Lho kok naik bus malam? Lha iya, karena gue waktu itu (tahun 2012) ceritanya lagi backpacker-an dan gue berangkat dari Phuket.  Sebetulnya bisa naik pesawat, namun untuk menghemat penginapan dan waktu di siang hari untuk jalan-jalan akhirnya gue memutuskan untuk naik bus ketika itu.

Naik Bus dari Phuket ke Bangkok

Jujur gue lupa, berapa harga tiketnya, mungkin sekitar THB 600 – 1000. Tapi sekarang pemesanan tiket bus dari Phuket ke Bangkok relatif lebih mudah karena bisa dipesan secara online, misalnya melalui situs 12GO atau yang lainnya.

Pesan Tiket Online Naik Bus dari Phuket ke Bangkok - Wira Asmo

Terminal bus di Phuket untuk keberangkatan ke Bangkok bisa dari Phuket Bus Terminal 2 (coba cari di Google Map). Dari daerah pantai (seperti Patong Beach atau Karon Beach) bisa dicapai dengan menggunakan Taksi, tuktuk, atau bus umum. Biasanya bus akan berhenti di terminal bus Mochit Bus Station.

Perjalanan dari Phuket ke Bangkok ditempuh dengan waktu yang beragam, mulai dari 12 jam sampai dengan 14,5 jam. Untuk bus yang 14,5 jam biasanya akan berhenti di beberapa titik tertentu untuk beristirahat sejenak. Waktu beristirahat cukup untuk buang air dan membeli makanan kecil sebagai pemadam kelaparan di perut.

Ada banyak pilihan jam keberangkatan untuk bus malam mulai dari pukul 15.00 ke atas dengan berbagai pilihan operator. Waktu itu gue pilih jam keberangkatan jam 16.30 sore dengan perkiraaan lama perjalanan 14 jam 25 menit dan gue sampai di Bangkok sekitar pukul 7 pagi.

Pilihan Maskapai Naik Pesawat ke Bangkok

Untuk memilih maskapai yang efektif dari sisi budget, durasi terbang, fasilitas, dan lain-lain ke manapun, biasanya gue lihat di skyscanner.

Pilihan Maskapai Naik Pesawat Wisata ke Bangkok - Wira Asmo

Ada dua bandara yang digunakan untuk penerbangan komersil di Bangkok, yaitu Bandara Suvarnabhumi (BKK) dan Bandara Don Mueang (DMK). Dua-duanya berlokasi cukup jauh dari pusat kota, namun bisa ditempuh cukup mudah dengan berbagai macam moda transportasi.

Pilihan Transportasi dari Bandara Don Mueang ke Pusat Kota

Dengan Taksi: Seperti bandara di Indonesia, di Don Mueang pun tersedia taksi Bandara dengan argo (meter). Tapi untuk menggunakan meter, ya gue harus kekeuh bilang “use meter!! Use meter!!”

Alhamdulillah selama ini naik taksi dari Bandara gak pernah kena macet, jadi kena tarif meter sekitar THB 250 dari Bandara ke tujuan dengan waktu tempuh kurang dari sejam. Kalau macet, yasalam, entahlah berapa yang harus dibayar. Selain argo, jika ingin naik taksi dari bandara pun ada tambahan biaya THB 50 untuk airport fee.

Dengan Bus: Untuk mencapai pusat kota dengan bus, gue numpang (ya iya bayar) Bus dengan nomor A1 menuju Stasiun MRT Chatuchak Park. Bus ini bisa didapat dengan mudah di luar terminal bandara.

Lokasi pemberhentian berdekatan dengan Chatuchak Market. Dari sini, bisa ke mana-mana dengan nyaman dengan menggunakan MRT.

Pilihan Transportasi dari Bandara Suvarnabhumi ke Pusat Kota

Dengan Taksi: Untuk bisa naik taksi, tinggal ikuti saja rambu-rambu di bandara yang mengarahkan ke pangkalan operator taksi di bandara. Sama dengan di Bandara Don Mueang, di bandara Suvarnabhumi pun akan dikenakan airport fee THB 50 untuk menaiki taksi bandara. Biaya yang dikeluarkan untuk taksi bisa mencapai THB 400 ditambah dengan biaya tol, sekitar THB 75 kalau tidak salah.

Dengan Airport Rail Link: Airport Rail Link selalu menjadi pilihan utama gue setiap kali ke Bangkok melalui Bandara Suvarnabhumi. Airport Rail Link bisa dicapai di lantai basement bandara. Jam operasional kereta dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Airport Rail Link terhubung dengan dua stasiun BTS Skytrain di Bangkok, yaitu Stasiun Makkasan dan Phayathai. Stasiun Phayathai merupakan stasiun terakhir dari Aisport Rail Link, dengan tarif THB 45.

Perjalanan ke Bandara: Perjalanan kembali ke bandara bisa dengan moda transportasi yang sama atau untuk mempermudah, biasanya gue pakai aplikasi Grab supaya gak ribet.

Bandara Suvarnabhumi - Destinasi Wisata di Bangkok Wira Asmo

Next Articles:

Part II: Hotel, WiFi, dan Transportasi di Bangkok

Part III: Sex Show di Bangkok (Tempat-tempat yang Gue Kunjungi di Bangkok)

3 thoughts on “Destinasi Wisata di Bangkok ala Gue

Add yours

Leave a footprint :D

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: