Fu Hang Dou Jiang, Pengalaman Sarapan Michelin Star Gue Pertama Kali Dalam Hidup

Sarapan pertama Gue saat berkunjung ke Taiwan di Fu Hang Dou Jiang ( 豆浆) Bulan Oktober lalu sangatlah berkesan. Menurut teman Gue, kami waktu itu makan di salah kios makan yang memiliki rating Michelin Star. Kita sebut kios karena memang bentuknya berupa kios makan di sebuah food court

Kami pergi ke Fu Hang Dou Jiang yang jaraknya cuma beberapa langkah dari penginapan AirBnB Gue.

Fu Hang Dou Jiang (阜 杭 豆浆) Tepat di Seberang Jalan

Setelah melihat antrian yang panjang, Gue agak ragu untuk pergi. Gue tidak memeriksa lokasi persis kiosnya tapi Gue curiga lokasinya tidak berada di lantai yang sama dari tempat antrian dimulai. FYI, antrian dimulai dari lantai pertama Pasar Hua Shan dan menutupi dua sisi bangunan dan menaiki tangga. (Gue tidak mencari tahu tentang tempat ini di internet sebelum berkunjung, kebetulan saja penginapan kami terletak tepat di seberang jalan.)

Gue pikir untuk mengantrinya saja bisa memakan waktu satu atau dua jam untuk mencapai penjual. Tetapi hal itu tidak terjadi. Kami hanya perlu mengantri kurang dari 20 menit untuk mencapai kios makanan yang terletak di food court di lantai dua. Meski hanya berupa kios, namun Fu Hang Dou Jiang ini merupakan kios terbesar yang ada di area food court tersebut. Selain itu, mereka memiliki dapur besar. Dapur yang besar tersebut memiliki pembatas berupa kaca dengan area food court sehingga seluruh proses memasaknya bisa dilihat dari tempat calon pembeli mengantri dan makan. Hal ini menjadi atraksi tersendiri bagi pengunjung.

Antrian panjang menjadi tidak terasa dengan atraksi memasak yang disajikan dari dapur mereka. Gue tiba-tiba menjadi gugup ketika Gue sudah tiba di depan kios karena semua menu disajikan dalam dalam bahasa Cina, termasuk percakapan. Padahal Gue sudah belajar Bahasa Cina selama dua tahun terakhir. Tapi semuanya berjalan terlalu cepat, jadilah Gue gugup. Hahaha ALASAN BODOH! Untung petugas itu memahami situasi kami dengan cepat dan dia merespon kebingungan kami dalam bahasa Inggris dan menyebutkan pilihan-pilihan yang bisa kami pesan dari mereka.

Susu Kedelai di Fu Hang Dou Jiang
Susu Kedelai yang kami campur dengan cakwe di Fu Hang Dou Jiang

Pilihan pertama yang dia berikan adalah minuman. Ada tiga jenis minuman kedelai yang bisa dipesan — susu kedelai manis panas, susu kedelai asin panas, atau susu kedelai dingin. Kami memilih untuk mendapatkan dua mangkuk susu kedelai manis yang panas. Yes, benar! Minuman yang mereka sajikan tidak menggunakan gelas tapi menggunakan mangkuk.

Pilihan selanjutnya adalah makanan. Kami menunjukkan apa yang kami inginkan karena seluruh makanan yang bisa dipesan sudah tersedia tepat di depan kami. Kami memilih satu cakwe (you tiao), satu roti wijen manis, dan satu pancake telur. Kami harus membayar sebesar 150 NTD untuk seluruh makanan yang kami pesan.

Hot Sweet Soy Milk - Fu Hang Dou Jiang (阜杭豆浆) - Hua Shan Market - Wira Asmo
Cakwe (you tiao), satu roti wijen manis, dan satu pancake telur – Fu Hang Dou Jiang (阜杭豆浆) – Hua Shan Market

Apakah Fu Hang Dou Jiang (阜 杭 豆浆) Layak Dicoba?

Apakah kios makanan ini layak dicoba? Gue bisa bilang IYA. Meskipun mereka memiliki antrian panjang, tetap saja patut dicoba. Gak lama kok antrinya. Gue gak berusaha melebih-lebihkan rasa dari cakwe yang mereka jual, tapi rasanya memang benar-benar enak. Terutama karena rasanya familiar dengan cakwe yang kita bisa temui di Indonesia. Selain itu, pilihan susu kedelai sebagai minuman pada saat sarapan di sini pun akan menjadi sumber energi kita dan membuat jalan-jalan kita di Taipei akan SEKUAT MACAN!! (Apasih?)

Jadi kalau sedang jalan-jalan di Taipei, ada baiknya jika Anda mencobanya? Apalagi jika penginapan tempat Anda tinggal berlokasi di sekitar  Distrik Zhongzheng.

Rute Menuju Fu Hang Dou Jiang (阜 杭 豆浆)

Alamat: Pasar Tradisional Huashan Lantai 2, No. 108, Bagian 1, 100, Bagian 1, Zhongxiao East Road, Kota Taipei, Distrik Zhongzheng, Taipei

Telepon: 02 2392 2175

Jam Buka: Selasa sampai Minggu 5.30 pagi hingga 12.30 malam, Tutup pada hari Senin.

Bagaimana cara ke Fu Hang Dou Jiang (阜 杭 豆浆)

Dengan MRT: Ambil Jalur Biru (Bannan Line), turun di Shandao Temple Station ( ), dan ambil EXIT 4 (Shandao Community). Setelah keluar dari stasiun MRT belok kiri dan belok kiri lagi di persimpangan pertama.

Read in English version.

*) Pic oleh Imron

Leave a footprint :D

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s