Cara Memasak Cumi Hitam Adobo Menggunakan Rice Cooker

Yes, kangen banget dengan yang namanya makan di luar di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini. Saya kira, saat PSBB seperti ini banyak orang yang mulai lebih sering masak sendiri semua menu makanan mereka untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Memang banyak juga yang pesan-antar pakai Go-Food, Grab-Food, dan semacamnya.

Saya sendiri baru mulai aktif masak lagi (baca: jadi chef dadakan) sejak masa PSBB sekarang. Sejak pindah ke tempat baru ini di tahun 2018, Saya sengaja gak beli kompor tapi saya punya water heater dan juga microwave. Setidaknya dengan dua alat itu Saya bisa membuat kopi atau STMJ sendiri dan juga menghangatkan makanan yang dibeli dari convenience store atau makanan sisa.

Di awal periode PSBB, akhirnya saya pergi ke toko perlatan rumah tangga untuk membeli rice cooker. Saya pikir setidaknya saya bisa masak nasi dengan ini, makanan pokok orang Indonesia. Kemudian saya mikir, bagaimana dengan temen nasinya?

Di awal-awal masa PSBB saya masih bisa bertahan dengan makanan kaleng, seperti corned beef, ikan sarden, dan lain-lain yang cukup dihangatkan di microwave saja untuk bisa dimakan. Saya juga mulai masak mie dengan direndam di air mendidih yang saya masak pakai water heater. Semua sayuran yang dicampurkan ke dalam mie instan juga semuanya cukup saya rendam di air mendidih tersebut di dalam panci.

Namun lama-lama ya bosen juga. Saya pun mulai ngide untuk masak sesuatu yang lebih ribet dengan menggunakan rice cooker. Salah satu temen nasi yang saya masak dengan menggunakan rice cooker adalah Cumi Hitam Adobo. Kalau di negara aslinya Filipina disebutnya Adobong Pusit kalau di Indonesia ya disebutnya cukup Cumi Hitam atau Cumi Item kalau di Indonesia bagian rumah saya.

Nah, berikut adalah bahan-bahan yang saya gunakan untuk masak Cumi Hitam Adobo dengan menggunakan rice cooker:

  1. Sekitar 500 gram cumi berukuran sedang dan dibersihkan;
  2. 1 potong bawang merah besar dipotong dadu;
  3. 2 buah tomat sayur berukuran sedang, potong dadu atau iris sesuka hati;
  4. 1/2 cangkir kecap asin;
  5. 1/2 cangkir cuka;
  6. 1 gelas air;
  7. bawang putih halus dan utuh (dipotong dadu atau digeprek);
  8. 1 sendok teh gula;
  9. Garam dan lada secukupnya;
  10. 2 sdm minyak zaitun;
  11. 2 potong cabai hijau;
  12. 2 potong cabai merah.

Cumi yang digunakan adalah cumi yang berukuran sedang. Cumi ini merupakan cumi yang paling cocok untuk resep ini.

Banyaknya bawang merah, tomat, dan bawang putih dapat diubah-ubah sesuai selera. Anda dapat menambahkan lebih banyak jika Anda suka atau dikurangi jika Anda tidak terlalu menyukainya. Sementara cabai hijau dan merah bisa digunakan untuk hiasan saja.

Cara Memasak Cumi Hitam Adobo Menggunakan Rice Cooker - Wira Asmo
Cara Memasak Cumi Hitam Adobo Menggunakan Rice Cooker

Cara Memasak Cumi Hitam Adobo Menggunakan Rice Cooker

Sebelum mulai memasak Cumi Hitam Adobo, ada baiknya letakkan ponsel, tablet, laptop, atau gadget apa pun, yang Anda gunakan untuk mencontek resep dan cara memasak Cumi Hitam Adobo menggunakan Rice Cooker ini, di tempat yang sangat nyaman. Setelah itu, kita bisa mulai memasak Cumi Hitam Adobo!

  1. Tuang minyak zaitun ke dalam rice cooker dan masukkan bawang putih dan bawang merah ke dalam rice cooker.
  2. Nyalakan penanak nasi (pilih mode “Cook”). Waktu terbaik untuk memasukkan bahan bumbu adalah ketika minyak belum panas sehingga seluruh bumbu bisa teraduk dengan baik dan matang di saat yang bersamaan. Hal ini juga untuk menghindari bahan bumbu menjadi mudah gosong. Bahan bumbu akan otomatis tertumis ketika rice cooker memanas dan mulai menjerang minyak zaitun.
  3. Lanjutkan dengan menumis bawang putih, dan bawang sampai bumbu berwarna cokelat muda (jangan sampai gosong). Lalu masukkan tomat yang telah diiris-iris, dan masak selama 2 menit.
  4. Masukkan cumi-cumi lalu masak selama 2 menit.
  5. Tuang kecap asin, cuka, dan air. Tambahkan garam, lada hitam, saus tiram, minyak wijen, dan gula lalu aduk.
  6. Biarkan cumi dan seluruh bahan bumbu mendidih selama 8 menit.
  7. Setelah 8 menit berlalu, Cumi Hitam Adobo Anda sudah siap disajikan dan dinikmati!!

Anda dapat menggunakan stopwatch sehingga waktu memasak bisa tepat, atau cukup menggunakan perasaan Anda. Pastikan Anda tidak memasak ini lebih lama dari waktu yang ditunjukkan untuk menghindari tekstur cumi menjadi kenyal dan keras seperti sendal jepit! Ingat, kita ingin makan Cumi Hitam Adobo, bukan cumi hitam sendal swallow! LoL

Selamat menikmati masakan simple tapi tetep ribet ala PSBB! Semoga musibah pandemik covid-19 ini cepat berlalu. Amiin.

Artikel Cara Memasak Cumi Hitam Adobo Menggunakan Rice Cooker versi Bahasa Inggris, bisa dibaca di sini, ya!

2 Comments Add yours

Leave a footprint :D

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s