Kalau Masuk = Ke Dalam, Maka Keluar = … || Bahasa Indonesia

Gue bukan ahli Bahasa Indonesia karena memang bukan anak sastra atau punya nilai bagus di mata pelajaran/kuliah Bahasa Indonesia waktu sekolah dulu. Lah wong nilai Bahasa Indonesia di ujian akhir waktu SMA cuma 7 koma sekian. Waktu kuliah juga nilai Bahasa Indonesia cuma B.

Meski begitu, ada hal-hal yang menyangkut penggunaan Bahasa Indonesia yang selalu menggelitik Gue. Misalkan seperti gambar di bawah:

Tentang Keluar ke mana - Wira Asmo

Jawaban untuk gambar di atas adalah Keluar menjadi Ke Luar.

Gambar itu muncul pas gue sedang menjelajah di FB. Rasanya pengen cekik satu-satu orang yang ada di kolom komentar si empunya thread. Hih! Gemes!!

Nih penjelasannya:
Keluar merupakan satu kata kerja tunggal*. Definisi/arti kata ‘keluar‘ di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah v 1 bergerak dari sebelah dalam ke sebelah luar.

Sementara Ke Luar terdiri dari gabungan dua kata yang menjadi penunjuk keterangan tempat, yang berarti ke bagian luar. Kata “Ke” sebagai keterangan petunjuk. Kata “Luar” sebagai kata benda.


*Kata kerja tunggal merupakan kata kerja yang tak menggunakan imbuhan. Biasanya bersifat intransitif dan tidak memerlukan objek di dalam penggunaannya dalam kalimat.

3 Comments Add yours

  1. BaRTZap says:

    Padahal sih biasanya pilihannya cuma “keluar di luar, atau keluar di dalam” 😀

    Like

    1. Wirawan Asmo says:

      Pengen dicocol sama mimi peri tampaknya 😏😏😏

      Liked by 1 person

Leave a footprint :D